MOTIVASI

Posted: November 12, 2009 in MATA KULIAH

Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Entah itu tujuan yang positif maupun negative.

Apabila saya menjadi pemimpin, saya akan memilih teori motivasi hirarki kebutuhan Maslow. Alas an saya memilih teori tersebut karena sangat sesuai dengan kinerja yang telah ada pada karyawan saat ini. Dengan adanya teori tersebut, saya dapat memacu atau memotivasi karyawan saya supaya untuk lebih giat dan bersemangat bekerja didalam perusahaan yang saya kelola.

Pada tahun 1943 telah terjadi pengembangan teori motivasi manusia yang sangat terkenal yang telah dilakukan oleh Abraham Maslow salah satu seorang psikolog. Teorinya tersebut menjelaskan tentang suatu hirarki kebutuhan (hierarchy of needs) yang menunjukkan tentang adanya 5 tingkatan keinginan dan kebutuhan oleh manusia.

Teori Hirarki kebutuhan Maslow tersebut adalah:
1.Kebutuhan Fisiologis(physiological needs)
Kebutuhan ini adalah menyangkut kebutuhan fisik atau badan kita. Seperti lapar, haus, perumahan, lingkungan kerja dan sebagainya.
Lapar disini diterangkan sebagai memberikan uang makan tiap harinya. Misalnya uang gaji dipisah dan uang harian pun juga harus ada atu terpenuhi demi kelancaran para karyawan tersebut. Seandainya saya hanya memberikan uang gaji saja, mungkin itu akan terlalu sulit untuk para karyawan membagi uangnya. Apalagi jika uang gajinya tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari para karyawannya. Nanti karyawan tersebut dapat malaz kerja bahkna mungkin akan mengundurkan diri. Oleh karena itu sata harus memikirkan hal tersebut secara sebaik-baiknya.
Didalam kantor atau perusahaan juga harus ada ruang dapur atau Office Boy. Dalam arti untuk memudahkan para karyawan apabila haus ingin minum, masak air panas untuk buat kopi atau the supaya kerjanya tidak mengantuk dan lain sebagainya.
Jika ada pekerja yang rumahnya jauh atau mempunyai tempat tinggal sedangkan dia merupakan salah satu karyawan yang paling berprestasi dalam perusahaan, maka saya tidak boleh menyia-nyiakan karyawan itu begitu saja. Saya akan memberikan tempat perumahan yang nyaman dan tidak jauh dari perusahaan. Perumahan itu tidak harus besar, namun layak digunakan dan bersih tempatnya.
Lingkungan kerja bersih atau kotor juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Oleh karena itu saya akan menciptakan suasana ruangan kerja yang bersih, indah, nyaman, wangi dan terawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s